Saturday, September 13, 2014

A Year

September 12th 2014
Udah setahun lebih gak menulis di sini lagi, jangankan untuk menulis di sini, menulis di cream button pun udah jarang. Sambil nyiapin tulisan untuk cream button, iseng-iseng nulis di sini lagi.

Now I'm 21 *listening to Goodbye 20-nya Lim Kim*. 
Yay! Waktu masih usia belasan, takut banget kalo udah ngelewatin usia 20, tapi, setelah semuanya berlalu, this isn't as scary as I think. Talking about my birthday? hmm not this time.

I just wanna thank God for this year. Alhamdulillah, banyak banget yang udah terjadi setahun ini, dan apapun itu, semuanya aku syukuri dan jadikan pelajaran banget.
----
Dua malam kemaren ketiduran setelah maghrib karena mati listrik, sekitar jam 12 kebangun dan baru bisa tidur jam 3, dia udah tidur, alhasil asik main farm ville di iphone. Padahal besoknya ada kuliah pagi. Setelah sholat subuh akhirnya bisa tidur lagi, kebablasan bangun jam 8, buru-buru mandi dan ngampus.

Selesai ngampus, si mami nge-line minta temenin ke dealer karena motornya mesti di-service. Akhirnya kita janjian ketemu depan fakultas. Di parkiran fakultas, ada Kak Nina negur dan manggil, kakak satu ini lagi ngurusin wisudanya ntar November, kita asik ngobrolin kuliah dan cowok, oh girls.
Si mami datang dan kita ke dealer, mami minta temenin ke toko perhiasan karena gelang kaki dia putus waktu latihan di sanggar. Ngomong-ngomong tentang sanggar, yeay! Akhirnya bukan di balik layar lagi :D Awal Juni kemaren akhirnya aku berada di atas panggung lagi! Dan untuk pertama kalinya main teater di panggung Taman Budaya Kalsel :D dan April kemaren juga jadi pimpro untuk pertama kalinya XD ngelihat nama dipajang di poster dan spanduk terus di surat2 undangan sebagai pimpro, rasanya gimana gitu. Hehe, berat sih tanggung jawab sebagai pimpro, apalagi waktu itu kita ngadain 2 pementasan, pementasan yang kedua yang sempat jadi pro kontra di sanggar, karena sutradara bikin konsep yang "hah" banget dan resikonya tinggi. Sumpah, aku masih ingat gimana jantung berdegup kencang banget selama pementasan kedua, aku mesti keliling audit ngecek semua anggota yang stand by terus ngawasin pemain-penonton. Dan dalam gelap pementasan berakhir, semua anggota sanggar berlari naik ke atas panggung dan waktu lampu dihidupin, kita semua udah di atas panggung, tepuk tangan penonton, terus tanggapan-tanggapan dari anak-anak komunitas seni lain bener-bener bikin aku speechless.

Tuh kan jadi keterusan kalo ngomongin sanggar :D
Setelah nemenin mami, balik ke rumah, sekitar jam 3 ke kampus lagi nemuin PD1, terus ke auditorium, kemaren sanggar ngadain pentas tri wulan yang kedua, pas masuk auditorium, anak-anak cowoknya lagi sibuk masang kain hitam sama lighting, bau rokok menuhin audit yang udah di tutup rapat dan pake AC, ini yang bikin aku gak suka kalo ada pementasan di auditorium, bau asap rokok. Kalo dulu kita ngadain pentas biasanya di depan auditorium dan sekeliling dalam auditorium kita tempelin dilarang merokok, tapi keseringan lupa hmm.

Akhirnya aku samperin Arief, "rif, coba ditulis dilarang ngerokok, aku baru masuk audit udah pengap banget asapnya, baru kita-kita lho, gimana kalo malam?" iya baru sore cuma beberapa orang yang ngerokok aja udah sebau ini, gimana ntar malam yang rame? sebelumnya pernah ada yang asmanya kambuh gara-gara pas pementasan audit penuh banget asap rokok, dan aku gak mau ini terulang.
Si Arief cuma bilang iya dan jalan keluar audit sama Wildy.
Aku ikutin arief dan aku bilangin lagi, "rief, kalo sampe ada cewek yang kambuh lagi asmanya kaya dulu gimana? mau tanggung jawab? 500 tiket udah terjual kan? belum lagi yang on the spot ntar malam. Cowok-cowok ngerokok tuh gak mikir kah kalo cewek yang ngehirup asap rokok mereka tuh ntar bakal jadi istri mereka, ibu dari anak-anak mereka, tega banget nularin penyakit. Oke kita cewek ngehargain cowok mau ngerokok sebanyak apa aja, tapi lihat-lihat tempat, jangan sampe orang yang gak make kena penyakitnya juga"
Akhirnya Arif pun nanggepin, "iya nanti aku print ntar di tempel di audit"
Wildy yang lagi duduk benerin sepatu nyeletuk "pacar kaka sekarang ngerokok gak?"
Arif langsung ketawa, "ya enggaklah" kataku.

Eh siang ini ada sms masuk,
"Cuuus jujur aku setuju banget sama kata-kata km semalam yang tentang merokok, yang kata km wanita akan menjadi pendamping hidup pria masa wanitu itu juga yang disakiti karena suaminya perokok, terus apa lagi kata km kemaren aku gak ingat lagi, haha :D" kata ketum.
 "haha, lebay"
"kamu tuh jadi dokter cocok banget dari pada jadi pengusaha, S2 dan S3 nya kedokteran aja" lanjut ketum

Yah, meskipun gak bisa lepas sama orang-orang yang ngerokok, kaya teman sekelas, anak-anak sanggar, tapi, gak sukanya aku sama rokok dan perokok ini karena didikan ayah, ayah pernah ngerokok, perokok berat malah, dan dari kecil udah biasa ngehirup asap dari rokok ayah yang nyebar di rumah. Dan untungnya ayah udah berhenti total, dan sejak itu jadi anti banget sama yang namanya rokok, proud of you Dad :D

---
Pagi ini bangun jam 8an, karena gak ada kuliah, niatnya nyuci baju, tiba-tiba Abang ngeline dan ngirim foto kamar "baru"ku, iya, kita tukeran kamar, aku balik ke kamar lama, dan kamarku yang udah aku pake selama 6 tahun terakhir jadi kamar abang dan kak Nia.
Pas merhatiin kamarku sekarang, kok ada yang aneh di lemarinya, gak ada cd-cd yang udah aku koleksi dari SMA pake uang jajan.
Dan pagi ini terjadilah pertengkaran hebat aku dan abang, spontan nangis dan nelpon mama, yang ngangkat ayah,
"halo, kenapa yu?"
"ayah, mana mama?"
"mama lagi mandi, kenapa nangis?" dan dari suara ayah udah cemasnya kelihatan
"abang tuh yah. mau ngomong sama mama?"
"astaga ferry kah? bentar ini mama"
dan akhirnya ngeluapin semuanya ke mama, glad that mom and dad on my side, yaiyalah yang salah abang mindahin cd-cd ku. 
Tadi itu, nangis paling nyesek banget, biasanya ayah gak suka dengar aku nangis, tapi kalo aku dibuat nangis karena orang lain, ayah gak akan diam, I know he really loves me.

Malam ini mama nelpon dan bilang semua udah beres, mama bilang tenang aja, dan cerita baru pulang dari hypermart sama ayah dan gozy.

Ini yang bikin kangen rumah, hmm. Libur lebaran kemaren cuma 2 minggu, sebulan penuh puasa juga di Banjar. Homesick. dan pengen ngecek kamar baru juga, pengen "ngebenerin" semua isi kamar ke posisinya.
Semoga lebaran idul adha bisa balik ke Pangkalan Bun.

No comments:

Post a Comment

Adeayu Hadijah. Powered by Blogger.